Beranda

Thursday 7 May 2015

Cara Tanam Pepaya California





CARA TANAM PEPAYA CALIFORNIA
               
Saya sekarang akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara bercocok tanam pohon pepaya dari segala jenisnya, cara penanamannya sangatlah mudah buat kawan – kawan, sekarang saya buat trik untuk bercocok tanam antara lain :
1.       Siapkan dulu biji dari pepaya untuk di keringkan dari sinar matahari sampai kelihatan kering  dan kebasahan dari biji pepaya betul – betul hilang.
2.       Siapkan media plastik polibag yang berukuran 6 cm kemudian isikan tanah yang bercampur dengan KOHE atau kita sebut dengan kotoran hewan langsung masukkan media tanah tersebut kira – kira ketinggiannya setengah plastik polibag kemudian masukkan biji pepaya yang sudah mengering ke dalam plastik polibag.
3.       Lakukan kegiatan rutinitas untuk menyiram bibit tersebut jangan samai lupa kekeringan tanah dalam plastik polibag.
4.       Tunggulah sampai bibit pepaya sampai tumbuh besar hinggi ketinggian sampai 15 cm – 20 cm kemudian sobek pelan – pelan ambillah bibit pepaya sama tanahnya jangan sampai pisah antara bibit dengan tanahnya yang ada pada plastik polibag tersebut yang sudah tumbuh  lalu pindahkan ke lahan bebas atau ke plastik polibag yang lebih besar yang di jadikan media pembesaran bercocok tanam pepaya.
5.       Sebelum melakukan pemindahan bibit pepaya ke tempat polibag yang lebih besar , usahakan media tanahnya harus  sudah tercampur dengan ppuk organik, pupuk organik bisa membuat sendiri dengan tanah yang bercampur dengan KOHE atau kotoran hewan, adapun kotoran hewan yang paling baik, usahakan kotoran hewan yang sudah lama atau yang sudah bercampur atau sudah menyerupai tanah, kalau memang benar – benar mencari kotoran hewan tidak menjumpai maka saya sarankan belilah pupuk organik yang ada di toko – toko pertanian terdekat.
6.       Setelah anda melakukan kegiatan mencampur tanah dengan koran hewan atau mencampur dengan pupuk organik maka anda haus mengisi polibag yang berukurn diameter 20 cm dan tinggi 40 cm kemudian isilah polibag tersebut dengan tanah yang sudah bercampur hotoran hewan atau pupuk organik dengan  ketinggian 30 cm terus masukkan bibit  pepaya tersebut  yang sekiranya bibit pepaya tertancap dalam tanah setengah dari tingginya bibit pepaya. Dalam model jarak penanamannya usahakan berjarak 2 meter persegi antar setiap tanaman supaya pertumbuhan pepaya bisa normal bagus dan cepat besarnya. Setelah tanam pepaya lakukan kegiatan yang rutin yaitu penyiraman setiap sore hari atau pagi hari ketika cuaca panas, atur kondisi kebasahannya tanah sesuai dengan basah keringnya tanah. 
7.       Aturan dalam pemupukan usahan 2 bulan sekali dengan pupuk Organik, bilamana pohon pepaya ada serangan penyakit daun menguning atau daun kriting usahakan pengobatan dengan pupuk organik cair yang khusus untuk pengobatan daun, pupuk organik cair banyak di jumpai di toko – toko pertanian yang terdekat.




SELAMAT MENCOBA DAN SUKSES

No comments:

Post a Comment