Beranda

Friday 8 May 2015

Cara Tanam Bawang Merah di Polibag




Cara Tanam Bawang Merah di Polibag

                Budidaya dalam pot maupun dalam polibag sekarang sudah menjadi tradisi masyarakat kota maupun Pedesaan atau dari kalangan bawah maupun dari kalangan menengah, dari segi mereka semua mempunyai anggapan bahwa bertani memang ada yang mencari keuntungan dari bertani atau memang hanya untuk mengisi waktu luang mereka dengan cara bertani di  lahan sempit yang ada di sebelah rumah atau di belakang rumah. Oleh karena kami akan membagikan pengetahuan  bagaimana cara bercocok tanam bawang merah di polibag dengan cara organik.

Persiapan media tanah  dan Bibit Bawang Merah :

1.       Carilah Bibit bawang merah yang besar sudah ber umur lebih dari 70 hari
2.       Potonglah pada bagian ujung yang lancip bibit bawang merah.
3.       Langkah pertama siapkan tanah yang gembur usahakan tanah banyak mengandung humus , kemudian tanah tersebut campurlah dengan pasir, pupuk kotoran hewan ( KOHE ) yang sudah berupa tanah  sedikit dan sekam yang sudah dibakar agar kondisi tanah gembur, aduklah campuran tanah tersebut agar merata. Kalau media tanahnya sudah tercampur lalu masukkan tanah tersebut pada polibag yang tersedia seperti pada contoh di atas. Isikan campuran tanah tersebut sekitar tinggi tanahnya 30 cm, kemudian biarkan di tempat terbuka supaya kena sinar matahari selama 2 hari agar tanah agak kering dulu.
4.       Masukkan bibit bawang merah sekitar 5 cm yang sudah di iris sedikit ujung yang lancip kemudian langsung tanam pada tanah yang sudah siap di tanam di polibag. Setiap polibag di isi 2 biji bibit bawang merah
5.       Usahakan waktu tanam pada sore hari agar bibit bawang tersebut tetap kondisi dingin.
6.       Setelah tanam langsung di siram sedikit agar akar – akar bawang tersebut langsung bisa tumbuh cepat dan usahakan kalau sudah tumbuh siran setiap pagi atau sore hari agar tanah tetap basah tidak kering.
7.       Lakukan jarak tanam berkisar 20 cm tiap polibag
8.       Setelah bawang merah tumbuh berusia 1 bulan lakukan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk kompos yang sudah tersedia di toko – toko terdekat atau saudara bisa buat sendiri dengan sisi – sisa makanan kotoran hewan yang sudah membusuk lalu campurkan dengan tanah yang subur secukupnya banyak sedikitnya  secara bertahap.
9.       Perbandingan media tanahnya yaitu tanah , pasir, sekam,Kohe = 1:1:1:1
10.   Pada usia panen berkisar anatara 60 hari atau 70 hari atau daun sudah nulai kuning mengering
11.   Bawang merah yabd sudah di panen lakukan pengeringan di bawah sinar matahari selama berkisar antara 10 sampai 15 hari kemudian langsung bisa di simpan atau dipasarkan.
12.   Model penanamannya bawang merah bisa secara Tumpang sari dengan cabe Rawit , lumayan hasilnya dobel dan pertumbuhannya tetap normal.

PERAWATAN BAWANG SETELAH TANAM

Bagi saudara yang baru taman yang sudah tumbuh sekitar 2 minggu adakan pemupukan dan berikan suplemen cair khusus untuk daun yaitu bisa saudara berikan pupuk daun bisa dri merk Folicur agar daun bawang tidak mudah layu di ujungnya. 

KEUNTUNGAN TANAM DI POLIBAG :

1.       Bisa memanfaatkan lahan sempit
2.       Mudah merawat pada polibag
3.       Mudah mengambil gulma / rumput – rumput yang tumbuh di sekitar tanaman bawang merah di polibag
4.       Memudahkan dalam penyiraman
5.       Memanennya lebih mudah


SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES
 


No comments:

Post a Comment