Beranda

Tuesday 5 May 2015

Cara Tanam Sayuran Organik



CARA TANAM SAYURAN ORGANIK

Perhatikan dengan Media tanam terlebih dahulu merupakan salah satu penunjang  terpenting yang sangat menentukan dalam bercocok tanam sayuran hijau . Media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya mempengaruhi penghasilan kita . Jenis-jenis media tanam sangat banyak dan beragam bias dengan cara tanam media tanah dan sekam padi yang sudah di bakar. Setiap jenis tanaman membutuhkan sifat – sifat tersendiri apabila  media tanam yang berbeda - beda. Misalnya, tanaman buah membutuhkan sifat yang menjadi tugas kita pada  media tanam yang berbeda dengan tanaman sayuran yang lainnya atau kita sebut sekarang dengan sebutan tanaman ORGANIK  asli dari pupuk kotoran hewan sapi yang paling bagus buat tanaman organik.

PERSYARATAN MEDIA TANAM YANG BAGUS ANTARA LAIN :

Media tanam memiliki fungsi yang menentukan kekuatan tanaman agar tanaman tidak mudah tumbang , harus memberikan campuran nutrisi agar  akar tanaman bias tumbuh dan berkembang dengan tegak dan tidak mudah tumbang. Usahakan media tanah harus di campur dengan sekam padi yang sudah di bakar kemuadian campur dengan serabut kelapa  agar tanaman cabe tidak mundah tumbang, pertumbuhan akar akan lebih mudah  namun tanaman akan terlalu mudah tercerabut. Sebaliknya apabila terlalu padat, akar akan kesulitan untuk tumbuh dan berkembang untuk media tanam dalam ember atau baskom.

KOMPOSISI  MEDIA TANAM ORGANIK FULL
Bermacam – macam namanya pupuk kimia Namun dalam kesempatan kali ini kami hanya akan membatasi pupuk kimia, Mengapa ? jawabannya pada hakekat pupuk  organik yang banyak tersedia di alam, murah dan  gampang pembuatannya alias lebih ngirit pengeluaran dan lebih cocok pada tanaman dalam ember atau baskom..

MEDIA TANAH SEBAGAI BAHAN UTAMA
Media tanah yang baik untuk di jadikan media tanam sebaiknya diambil dari tanah yang atas atau kita sebut dalam ilmu IPA / Sains itu lapisan tanah kerak bumi karena banyak mengandung unsur humusnya yang tinggi dan gembur.

KOTORAN HEWAN ATAU ORGANIK ALAMI FULL
Kotoran  hewan atau sisa – sisa tumbuhan  makanan hewan   merupakan bahan organik yang berfungsi sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman. Selain kompos, bisa juga memanfaatkan humus yang didapatkan dari hutan. Tanah humus memiliki kandungan unsur hara yang tinggi

SEKAM PADI YANG SUDAH DI BAKAR ATAU SERABUT KELAPA
Sekam padi yang terbakar dengan sengaja agar pembakarannya lebih bagus. Sekam padi yang terbakar berguna untuk meningkatkan kegemburan  tanah. Manfaat sekam padi yang terbakar adalah bisa menetralisir keasaman  meningkatkan daya ikat tanah terhadap air, merangsang pertumbuhan mikroba yang menguntungkan bagi tanaman, menjadikan tanah gembur

CARA MENCAMPUR MEDIA TANAM ORGANIK FULL


Media tanam sangat berguna apabila kita ingin menanam sayuran dalam ember atau baskom. Metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit. Berikut ini contoh penerapan budidaya sayuran dalam ember atau baskom, Ukurannya yaitu 1 tanah  berbanding 1 sekam padi yang terbakar dan 1 berbanding pupuk organic full atau kotoran sisa – sisa kewan terutama hewan sapi yang lebih bagus dari segi tingkat ke asamannya lebih bagus.

No comments:

Post a Comment